Diagram Piramid Struktur Jabatan
Visi Misi Bank BNI
Visi :
Menjadi Lembaga Keuangan yang unggul dalam layanan dan
kinerja
Misi :
- Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah , dan selaku mitra pilihan utama.
- Memberikan layanan dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah ,dan selaku mitra pilihan utama.
- Menciptakan kondisi terbaik bagi karyawan sebagai kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
- Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab kepada lingkungan dan komunitas.
- Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik bagi industri.
Kegiatan Koorporasi Bank BNI
Pemakaian Teknologi Informasi pada Bank BNI
Smart City adalah
salah satu konsep pengembangan perkotaan berbasis teknologi digital atau
informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan
perkotaan, mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya, dan untuk terlibat lebih
efektif dan aktif dengan warganya.
Beberapa
pemerintah daerah yang menonjol dalam penerapan Smart City adalah Kota
Makassar, Surabaya, Bandung, Banda Aceh, Pekalongan, dan Kabupaten
Banyuwangi.
1. Sistem Pengolaan
Pajak Daerah
2. Sistem BNI Host to
Host
Host-to-host BNI
adalah sistem koneksi yang menghubungkan data nasabah BNI dengan Server data
Client dalam hal ini adalah pemerintah daerah meliputi (1) Data 2 perpajakan
daerah (2) Data Pelanggan PDAM (3) Data PBB (4)serta Data Pajak kendaraan
bermotor Masyarakat
Channel BNI akan
melakukan koneksi permohonan data kepada server Pemda. Selanjutnya (2) sever
data pemda akan mengirimkan seluruh informasi pelanggan (3) Channel BNI akan
menampilkan informasi data yang dikirimkan dan bila sesuai akan melakukan
pembayaran tagihannya
Teknis koneksi
yang dapat dibangun menggunakan IP Public Internet, VPN, Ataupun leasedline
3. PDAM Online
Ø Sistem pembayaran tagihan online PDAM
merupakan solusi bagi PDAM dalam pengelolaan percepatan arus kas masuk dengan
memberikan kemudahan bagi pelanggan baik nasabah maupun non-nasabah dalam
melakukan pembayaran tagihan melalui berbagai channel Bank BNI (ATM, IB, SMS,
Agen46) diantaranya jumlah tagihan – jumlah denda – biaya administrasi
lain-lain
Ø Sistem handal dengan konsesp Host to Host
melalui switching
Ø Masing-masing Wilayah PDAM akan diberikan
kode Corporate yang ditentukan oleh BNI sebagai kode inisiasi tujuan pembayaran
Contoh :
PDAM DEPOK =131005
PDAM CILACAP =13100
4. Transaksi Pembayaran
PBB
- Pembayaran PBB melalui Channel ATM, IB, SMS, Agen46
- Menu Pembayaran BNI – Pajak/Penerimaan
Negara – PBB
- Berbeda dengan
e-PDAM – identifikasi cara pembayaran e-PBB yang dilakukan oleh masyarakat cukup menggunakan Nomer Objek Pajak (NOP) --- masing-masing wilayah tidak
diberikan kode wilayah pembayaran dan tahun Pajak
- Channel BNI
e-Banking akan menampilan data tagihan PBB wajib pajak dan membayarkan sesuai data pada server dinas pengelola pajak daerah
5. Transaksi Pajak Daerah
- Pembayaran seluruh mata pajak daerah
melalui Channel ATM, IB, SMS
- Menu Pembayaran BNI – Pajak/Penerimaan
Negara – Pajak Daerah Lainnya- Metode Billing Code : Kode Pemda + Billing code ex: (2003+1234567890)
6. Pembayaran Samsat Online
Sistem pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor secara Online adalah layanan sistem transaksi yang dikembangkan BNI yang memungkinkan pemilik kendaraan bermotor membayar kewajiban pajaknya melalui seluruh channel BNI baik e-banking (ATM, I-banking, EDC Machine, SMS banking/M-banking / Agen 46.
•
Peningkatan jumlah kendaraan bermotor dari tahun
ke tahun menuntut pelayanan yang lebih
baik lagi kepada pemilik kendaraan sebagai Wajib Pajak
•
Mendukung tata kelola dana yang
diperoleh dari pendapatan daerah khususnya PKB, melalui sistem informasi pelaporan yang akurat, tepat
dan disampaikan secara realtime
•
Membantu
terciptanya sistem pembayaran PKB yang berbasis elektronik sehingga memudahkan
masyarakat dalam melakukan pembayaran
kewajiban pajak kendaraan bermotor
Sistem Informasi Bank BNI
1) Operation
Support System Function.
Jenis Sistem Informasi Manajemen dari fungsi Operation
Support System yang diterapkan fungsi Transaction Processing System (TPS).
Transaction Processing System tersebut digunakan untuk memproses transaksi produk
perbankan seperti pinjaman (Loans), penyimpanan uang (deposit), trade
finance serta jasa perbankan lainnya.
2) Enterprise Collaboration System
Enterprise
Collaboration Systems (ECS) adalah jenis sistem informasi (IS). ECS adalah
kombinasi dari groupware, peralatan, Internet, extranet dan jaringan lain yang
diperlukan untuk mendukung enterprise-wide communications, seperti berbagi
dokumen dan pengetahuan dalam perusahaan.
Beberapa contoh alat komunikasi perusahaan termasuk email,
video conferencing, sharing dokumen kolaboratif, alat manajemen proyek dan
lain-lain.
Tujuan dari ECS adalah untuk memberikan setiap pengguna
dengan alat untuk mengelola , dokumen dan informasi lainnya yang diperlukan
untuk mengelola tugas secara efisien .
3) Management
Support System Function
Jenis Sistem Informasi Manajemen dari fungsi Management Support System
yang diterapkan yaitu Management
Information System (MIS). MIS digunakan
dalam rangka menyediakan informasi yang diperlukan bagi setiap level manajemen
di Mandiri guna mendukung pengambilan keputusan.
Dalam terminologi yang digunakan di bisnis perbankan pada
umumnya, framework dari Sistem Informasi Manajemen di Bank BNI dapat
dikelompokan menjadi :
1) Core Banking
System (CBS)
Core Banking System merupakan suatu Host System yang
fungsinya ialah sebagai Customer Database Organizer, dimana aplikasi tersebut
berfungsi sebagai Grafic User Interface (GUI) yang mendukung setiap transaksi
perbankan yang dilakukan. Data tersebut meliputi Customer Information File
(CIF), Loans & Deposit Transaction
System, Trade Finance System dan jasa-jasa perbankan lainnya.
2) Banking
Delivery System (BDS)
Banking Delivery System adalah fasilitas delivery dimana
nasabah bisa melakukan access terhadap produk dan jasa bank. Contoh dari
delivery system tersebut dibagi menjadi (2) bagian yaitu :
a) Self Service
Terminal :
i) ATM
(Automated Teller Machine).
ii) Call
Center (Phone Banking).
iii) Debit Card /
POS Terminal
iv) Phone banking
v) Cash
Management
b) Non - Self
Service Terminal :
i) Branch
Teller System.
3) Management
Support System
Management
Support System adalah sistem yang dapat menyediakan informasi/data/laporan
perusahaan untuk mendukung pengambilan keputusan pada setiap tingkatan manajemen. Sementara itu Management Support System di
PT. Bank BNI baru pada tahap information provider (Management Information
System) belum dapat menyediakan solusi secara langsung bagi manajemen. Demikian pula, PT. Bank BNI belum menyediakan Executive Information System
yaitu sistem informasi yang disajikan
sedemikian rupa (biasanya menggunakan mutimedia) bagi para top executive.
Saat ini PT. Bank BNI. sedang melakukan
pengembangan Management Support System secara outsourcing dengan beberapa
provider (vendor) untuk menyediakan solusi secara langsung bagi jajaran
manajemen.
Contoh
dari Management Information System yang diterapkan adalah sbb :
1) Financial Information System.
2) Asset &
Liabilities Management Information System.
3) Human
Resources Information System.
4) Fixed Asset
Information System.
Referensi :
http://anisaulfasari.blogspot.co.id/2013/11/teknologi-sistem-informasi-yang.html
http://www.bni.co.id/id-id/Beranda.aspx
Pegawai Bank BNI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar